Senin, 20 November 2017

Tips Budidaya Udang Vaneme Dengan Cara Modern Menggunakan Pupuk Yatop Di

Solusi Membudidayakan Udang Vaneme Secara Semi Intensif Menggunakan Pupuk Organik Yatop


1. Cara memelihara udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu paling utama, pertama yang wajib di sterilkan yaitu media air terlebih dulu. Taburlah Pupuk sebanyak 3 Liter/hektar ke dalam tambak dengan dikombinasikan air, usahakan penaburan serata mungkin. Hal ini bertujuan biar air tidak tercampur bakteri, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton tumbuh dengan cepat serta kondisi tanah didasar tambak cepat sekali berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang betah dan nyaman saat di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan berkembang dengan besar.


Usahakan setiap 1 minggu sekali di tabur pupuk yatop 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk tetap menjaga ekosistem di dalam tambak, menjaga kesehatan udang lebih agresif, lincah dan nafsu makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan yatop 1 liter/hektar ditiap 1 minggu sekali adalah hal yang wajib, karena untuk mencegah situasi kondisi alam ekstrem yang berubah-ubah. Kebutuhan yatop untuk 1 hektar antara 15 liter sampai panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang susah moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang cepat besar dicirikan dengan terlihatnya moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat tetapi jika udang susah moulting pasti ada hal yang kurang di area tambak. Masalahnya ini harus dicari. Tetapi untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan pembudidaya malas untuk memeriksa. Rata-rata pembudidaya di Indonesia pengen instan. Faktor udang tidak moulting karena kulit udang mengeras. Solusinya yakni Taburkan pupuk yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tabur ke tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat yatop itu perih jika terkena luka, perihnya tersebut dalam hitungan detik atau menit, apabila kena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat berganti kulit. Seringkali udang akan ganti kulit membutuhkan waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?



Udang bisa stress dikarenakan banyak faktor, seperti misalnya adalah kondisi di dasar tambak terlalu dingin, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop adalah pupuk yang mengandung banyak sekali protein tinggi. Cirinya yakni jika tutup botol di buka kemudian ditutup kembali maka proteinnya akan muncul ke permukaan berwarna keputih-putihan. Apabila udang stress/teller dan sering naik ke atas maka solusi tepatnya dengan cara taburkan Pupuk Yatop sebanyak 3 liter/hektar lalu tunggu 1 hingga 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun juga maka taburkan kembali pupuk yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tebar maka semakin cepat udang turun ke bawah dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan pulih kembali dengan yatop maka lakukan penebaran yatop sebanyak 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 pekan sekali. Jangan sampai lewat satu minggu karena akan menyebabkan udang stress lagi.


4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih dapat diperbaiki, caranya yakni harus kembali ke alam. Pakai kotoran hewan sapi, dikarenakan di dalam lument sapi terdapat banyak mikroba yang bermanfaat buat tanah dan dapat bertahan selama 3 bulan lamanya. Rumus pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi dalam kurun waktu 1 minggu, setiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Jika sudah 1 minggu tebarkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan selama 5 hari setelah timbul lumut sutera kemudian isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Keunggulan Pupuk Yatop Untuk Udang Vanamei

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop mempunyai karakteristik yang unik dan jarang ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Kelebihannya adalah sebagai berikut :


1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin akan berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya akan turun ke dasar gelas. Lama kelamaan air tersebut berasa seperti manis jambu air.


2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang tercemar oleh limbah pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam waktu 3 hari berubah warnanya. Makanya saya memberikan saran sebelum udang dimasukan ke area tambak lebih baik ditabur yatop dulu apabila sudah 3 hari barulah masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal tersebut telah terbukti dengan melakukan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH sudah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan subur.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan berubah menjadi halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi dikarenakan pupuk merupakan sumber makanan bagi bakteri.


5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera baik untuk sumber makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya dapat disembuhkan dalam kurun waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka hasilnya udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat sembuh.


7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang telah di berikan Yatop dalam waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang itu hidupnya tak akan bertahan, esok atau lusa udang akan mati. Jika melihat kejadian seperti itu maka solusinya Tebarkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam hitungan 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang telah memakai yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari bahan kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

Author Profile

About elharamain

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Tips Budidaya Udang Vaneme Dengan Cara Modern Menggunakan Pupuk Yatop Di

Posting Komentar

Back To Top